KANKER SERVIKS; SEBUAH GEJALA

=>*GEJALA Wanita Penderita KANKER SERVIKS *<=


Meskipun sulit untuk di deteksi, namun Gejala Awal kanker serviks mungkin tidak menunjukkan kondisi yang berarti, dan hanya dikira sebagai kondisi kurang fit saja. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengenali penyakit kanker serviks/Rahim dan semua gejala yang ditimbulkan.

1. Pendarahan abnormal pada vagina = Ini adalah gejala yang paling umum. Perempuan harus menyadari menstruasi mereka, pendarahan setelah hubungan seksual, bercak di antara periode menstruasi. Sebuah perdarahan vagina yang abnormal dan tiba-tiba tanpa alasan. Kondisi ini harus segera periksa kesehatan ke klinik terdekat agar mengobati kanker rahim tidak terlambat lagi.

2. Nyeri panggul = nyeri panggul tidak berhubungan dengan kondisi lain, menstruasi, atau aktivitas fisik bisa menjadi gejala kanker serviks.

3. Keputihan = Ketika Anda mengamati bahwa bunda dan sista memiliki keputihan yang tidak biasa dan sering, mungkin menjadi salah satu gejala kanker. Ini merupakan gejala umum yang berkaitan dengan kondisi perempuan.

4. Peningkatan frekuensi kencing = Bila Anda sering buang air kecil, terutama jika tidak hamil maka mungkin ada kemungkinan bahwa bunda dan sista memiliki kanker serviks.

5. Kesulitan dalam buang air kecil = Ketika ada rasa sakit atau kesulitan saat buang air kecil, saatnya bunda dan sista pergi kedokter dan check up. Ini mungkin juga merupakan gejala ISK (Infeksi Saluran Kemih) tetapi untuk memastikan periksakan ke klinik kesehatan.

6. Nyeri selama hubungan seksual = Bila bunda dan sista merasa sakit yang tidak diinginkan selama hubungan seksual, bunda dan sista mungkin menderita kanker serviks.

7. Gangguan Pencernaan = Ketika bunda dan sista mengalami sembelit kronis dan merasa benjolan bahkan rasa sakit saat buang air besar.

8. Kehilangan nafsu makan = penurunan mendadak nafsu makan juga dapat menjadi tanda kanker serviks.

9. Kelelahan = Bahkan ketika bunda dan sista beristirahat tapi masih merasa stres dan merasa lelah sepanjang waktu, kemungkinan ini tanda dari kanker serviks.

10. Penurunan berat badan secara drastis = Turunnya berat badan tersebut terkait dengan mekanisme dan kerja organ-organ dalam tubuh yang terganggu karena keberadaan sel-sel kanker serviks.

Kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannya akan sulit untuk di deteksi. Oleh karena itu di sarankan para perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali, melakukan test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIRIK NASYID "BIKATAIBIL IMAN"

DIWAN IMAM ASY-SYAFI'I